Jumat, 20 September 2013

MS.WORD,MS.ACCESS,MS.POWER POINT,MS.EXCEL

Microsoft Word
Awal Kemunculan microsoft word

Dalam Sejarahnya, Microsoft Word adalah produk unggulan dari microsoft Office, dan telah menjadi salah satu pilar keberhasilan Microsoft dalam kedua perangkat lunak sektor bisnis maupun non bisnis. Versi pertama perangkat lunak ini dikembangkan pada tahun 1981 dengan nama yang berbeda seperti sekarang. Merk pertama dari produk ini lahir tahun 1983 ketika Microsoft diproduksi Multi-tool Word untuk Xenix (salah satu turunan dari UNIX). pada tahun 1983, versi pertama dari Word untuk sistem operasi disk (DOS) dirilis. Dalam versi ini, program ini dibangun dengan filosofi "apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan," menjanjikan kepada pengguna kalau apa yang muncul pada layar akan sama dengan yang muncul di media cetak. Versi baru segera dikembangkan untuk MS-DOS, Apple Macintosh dan sistem operasi yang popular pada masa itu.


Sejarah Microsoft Word Dekade 1990-an

Pada akhir dekade 80-an, versi grafis pertama dari Microsoft Word dirilis untuk Windows 3.0 sekaligus sebagai pembuka babak baru era perangkat lunak pengolahan kata. Waktu itu harganya cukup mahal sekitar $ 500, Versi ini jauh lebih mudah dioperasikan oleh pengguna. Hal ini membuat produk ini bisa merajai pasar dan mengalahkan pesaing utama mereke yaitu corel wordPerfect. Hal ini juga tidak lepas dari kegagalan corel merilis corelwordperfect untuk windows.pada tahun 1993, Word 6.0 dirilis untuk Windows dan berhasil memukul pasar. Perusahaan memilih penomoran secara urut dengan Word 6.0 sehingga akan cocok dengan urutan penomoran dari versi DOS asli. Pada tahun 1995, Microsoft menciptakan Office suite yang di dalamnya termasuk word 7.0 yang kemudian berganti nama menjadi Word 95. Dimulailah tren penamaan perangkat lunak yang awalnya menggunakan angka untuk penamaan versinya menjadi menggunakan tahun. Seperti Word 97 dan Word 2000 yang dirilis pada tahun 1997 dan 1999. Ms Word 97 dan 2000 seolah menjadi bukti kesuksesan microsoft dalam bisnis perangkar lunak pengolah kata. Pada saat itu ia tidak memiliki pesaing yang signifikan.

Sejarah Microsoft Word Dekade 2000-an

Sejak awal abad ke-21, aplikasi Microsoft Word telah ditingkatkan dan dirilis dalam empat versi: Word 2002 - juga dikenal sebagai Word XP karena label Office XP - Word 2003, Word 2007 dan Word 2010. Dengan diperkenalkannya Word 2007, program ini menerima facelift besar yang benar-benar mengubah user interface. Beberapa aplikasi canggih juga mulai muncul dengan Word 2007, termasuk Extensible Markup Language (XML) kemampuan mengedit dan tata bahasa dan periksa ejaan dalam bahasa asing.

Sejarah Microsoft Word 2010
Dirilis pada tahun 2009, Microsoft Word 2010 hadir dengan berbagai upgrade, seperti efek teks, kemampuan kolaborasi dan alat navigasi ditingkatkan. Word 2010 memungkinkan pengguna untuk membuat eye-catching konten teks melalui beberapa efek, termasuk gradien mengisi dan refleksi. Perangkat lunak ini adalah adalah perangkat lunak pertama yang memungkinkan pengguna untuk secara bersamaan mengakses, menulis dan mengedit dokumen yang sama dari berbagai lokasi. Word 2010 juga memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menelusuri isi dokumen itu dari satu jendela search, menghemat waktu dan usaha karena harus menyaring konten yang luas untuk mencari informasi yang diinginkan.

CARA MEMBUKA MS.WORD
1. Cara pertama, Mengklik Start, Kemuudian mengklik All Program, Kemudian mengklik Microsoft Office, Kemudian mengklik Microsoft Office Word 2007.
2. Cara kedua, Langsuk mengklik Start, kemudian mengklik Microsoft Office Word 2007.
3. Cara ketiga, Langsung mengklik icon ms. word yang ada di desktop.



Macro pada ms.word
Macro Word merupakan kumpulan perintah – perintah dalam Word yang dirangkai menjadi satu perintah. Sehingga pekerjaan yang berulang – ulang dapat dilakukan secara otomatis dan mudah. Hal ini akan sangat menguntungkan ketimbang melakukan perintah – perintah secara satu per satu dan berulang – ulang. Contoh yang sederhana misalnya pembaca sering menuliskan suatu kata atau kalimat yang sama secara terus – menerus, maka yang semacam ini dapat dibuatkan macronya sehingga pekerjaan mengetik menjadi lebih cepat dan mudah serta tidak membuang – buang waktu.
Salah satu kelebihan Microsoft Word adalah adanya satu fasilitas yang bernama macro. Fasilitas ini mempunyai fleksibilitas dimana user dapat membentuk dan mengarahkannya untuk berbagai macam kepentingan dalam koridor otomatisasi. Dari yang sederhana sampai yang mampu berreplikasi seperti virus macro.
Macro Bawaan Microsoft Word Sebenarnya semua perintah – perintah yang ada dalam Word merupakan macro. Misalnya ketika pembaca memilih menu File kemudian Save, maka Word akan menjalankan macro yang bernama FileSave. Begitu juga ketika pembaca memilih menu Help kemudian About Microsoft Word, maka akan dijalankan macro HelpAbout sehingga tampil kotak About Microsoft Word. Cobalah pembaca jalankan aplikasi Word kemudian pilihlah menu Tools > Macro > Macros, pembaca akan dihadapkan pada kotak dialog macros. Selanjutnya pada kotak Macro in pilihlah Word commands, sehingga akan terlihat nama – nama macro yang ada di Word. Pilihlah HelpAbout kemudian tekan tombol Run.
Bila seorang user membuat sebuah macro dengan nama yang sama dengan nama macro yang telah ada dalam Word commands, maka Microsoft Word akan mendahulukan macro yang dibuat oleh user.

Office fasilitas macro digunakan untuk menggabungkan beberapa perintah menjadi satu untuk kemudian dijadikan satu menu. Agar lebih memahami macro, maka dalam pembahasan berikut akan diuraikan macro beserta modifikasinya, yang meliputi:
a. Menampilkan menu Developer
b. Cara membuat Macro
c. Cara menjalankan macro
d. Cara menghapus macro
e. Macro Security

a. Menampilkan menu Developer
Untuk membuat perintah macro, anda memerlukan menu Developer. Secara default menu developer tidak tampil pada menu bar. Untuk itu, anda perlu menampilkannya terlebih dahulu, caranya sebagai berikut:
1. Buka microsoft office word 2007. Klik icon logo microsoft office 2007, lalu pilih Word Options > pilih Popular.
2. Lihat di bawah Show Developer tab ini the Ribbon.
3. Dengan begitu akan tampil menu Developer pada menu bar.

b. Cara membuat macro
Berikut cara membuat menu macro tabel
1. Pada tab Developer, klik Record Macro yang menjadi bagian Code toolbar.
2. Kemudian ketikkan nama macro pada kotak Macro name.
3. Pilih salah satu tombol berikut:
Pilih Button jika anda menginginkan perintah macro ditempatkan pada Quick Access Toolbar.
Pilih Keyboard jika anda menginginkan perintah macro dijalankan menggunakan tombol keyboard.
4. Misalnya anda memilih Button dan klik nama macro = tabel.
5. Kemudian klik Add hingga macro tabel berpindah ke sisi kanan. Lanjutkan dengan mengklikModify untuk memilih simbol macro.
6. Ketikkan Tabel pada kotak Display Name > klik OK. Dengan beitu akan langsung ditampilkan perintah macro pada Quick Access Toolbar. Secara otomatis, bentuk mouse akan berubah menjadi icon khusus.
7. Langkah berikutnya adalah melakukan tahapan pertama pembuatan tabel. Klik menu Insert > Tabel dan tentukan baris kolom tabel.
8. Tambahkan modifikasi style tabel dengan mengklik menu Design. Berikutnya pilih salah satu style tabel pada Tabel Styles Toolbar.
9. Setelah pembuatan tabel selesai, klik menu Developer lalu klik Stop Recording pada Code Toolbar.

c. Menjalankan Macro
Setelah cara membuat perintah macro, anda bisa menjalankan perintah macro dengan mengklik perintah yang terletak pada Quick Access Toolbar. Secara otomatis desain tabel yang sudah dibuat akan langsung ditampilkan pada dokumen. Jadi, anda tidak perlu lagi membuat desain tabel melalui beberapa langkah. Cukup dengan mengklik perintah macro Quick Access Toolbar.

d. Menghapus macro
Jika ingin menghapus perintah macro, klik menu Developer > klik Macro tool. Kemudian pada jendela Macro pilih nama macro yang akan dihapus. Tekan Delete untuk mengakhiri.

e. Macro Security
Macro Security digunakan untuk mengamankan dokumen dari serangan virus macro. Untuk mengatur setting macro security, langkahnya sebagai berikut:
1. Awali dengan mengklik menu Developer.
2. Kemudian klik Macro Security tool pada Code Toolbar.
3. Selanjutnya, pilih salah satu setting Macro.
Disable all macroos without notification: pilihan ini berfungsi menonaktifkan semua jenis macro tanpa menampilkan kotak dialog peringatan.
Disable all macross with notification: pilihan ini berfungsi menonaktifkan semua jenis macro dengan menampilkan kotak dialog peringatan.
Disable all macros axcept digitally signed macros: pilihan ini berfungsi menonaktifkan semua jenis macro, kecuali jenis yang telah ditentukan.
Enable all macros (not recommended, potentially dangerous code can run): pilihan ini berfungsi mengaktifkan semua jenis macro




Microsoft access


Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputerrelasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmeryang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.



Sejarah
Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 adalah sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, RAM berkapasitas 4 megabyte (6 megabyte lebih disarankan) dan ruangan kosong hard disk yang dibutuhkan 8 megabyte (14 megabyte lebih disarankan). Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy 3½ inci berukuran 1.44 megabyte.
Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyakrecord tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Sebagai contoh, pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu, memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte). Buku manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkatyang kuno atau konfigurasi yang tidak benar.
Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic, sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby. Bill Gates melihat purwarupa (prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrograman BASICharus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas. Proyek ini dinamakan dengan Thunder. Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah, dan mesin pembuat form yang digunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sama lainnya. Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA).

Tanggal
Nama versi
Nomor versi
Sistem operasi yang didukung
Versi Microsoft Office
1992
Microsoft Access 1.1
1
Microsoft Windows
T/A
1993
Microsoft Access 2.0
2
Microsoft Windows
Microsoft Office 4.3 Professional
1995
Microsoft Access for Windows 95
7
Microsoft Windows 95 dan Windows NT 3.51
Microsoft Office 95 Professional
1997
Microsoft Access 97
8
Microsoft Windows 95/98 dan Windows NT 3.51/NT 4.0
Microsoft Office 97 Professional
1999
Microsoft Access 2000
9
Microsoft Windows 98/Me, Windows NT 4.0/2000
Microsoft Office 2000 Premiumdan Office 2000 Professional
2001
Microsoft Access 2002
10
Microsoft Windows 98/Me, Windows NT/2000/XP
Microsoft Office XP Professional
2003
Microsoft Access 2003
11
Microsoft Windows 2000 (Service Pack 3 ke atas)/XP (Service Pack 1 ke atas)/Server 2003
Microsoft Office System 2003
2007
Microsoft Access 2007
12
Microsoft Windows XP (Service Pack 2)/Server 2003/Vista/Server 2008 (Beta 2 ke atas)
Microsoft Office System 2007
2010
Microsoft Access 2010
14
Microsoft Windows XP (Service Pack 3)/Windows Server 2003 R2(32-bit)/Windows Server 2008(32-bit atau 64-bit)/Windows Vista (Service Pack 1)/Windows 7
Microsoft Office Professional 2010




Fungsi
Microsoft Access digunakan untuk menciptakan sebuah basis data dan kemudian menyaring, mengurutkan, membentuk grafik, dan memvisualisasikan informasi bisnis. kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalamserver yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan MicrosoftActive Server Pages (ASP). Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.
Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.
Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. Meskipun demikian, tampilan muka Access (form, report, query, dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menanganibasis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, seperti halnyaMicrosoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access), Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC.
Cara menjalankan program aplikasi Microsoft Office Access 2007:

Cara I (lewat Start Menu):
Klik start
Pilih All Program
Pilih Microsoft Office
Pilih Microsoft Office Access 2007

Cara II (lewat Icon):
Klik kiri 2 kali pada icon Ms. Access 2007, atau
Klik kanan pada icon Ms. Access 2007, kemudian pilih OPEN

Cara III (lewat Menu Run):
Klik Start
Pilih RUN
Keluar Kotak dialog RUN
Kemudian ketikan perintah "msaccess" tanpa tanda kutip.
klik OK
                                                 


MICROSOFT POWER POINT

PENGERTIAN MICROSOFT POWER POINT
       Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Microsoft PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office Power Point. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
SEJARAH PERKEMBANGAN MICROSOFT POWER POINT

       Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
       Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint pada saat tersebut masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
       Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
       Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.

 PERKEMBANGAN VERSI-VERSI MICROSOFT POWER POINT

Tahun
Versi PowerPoint
Sistem Operasi
1987
PowerPoint 1.0
Mac OS classic
1988
PowerPoint 2.0
Mac OS classic
1990
PowerPoint 2.0
Windows 3.0
1992
PowerPoint 3.0
Mac OS classic
1992
PowerPoint 3.0
Windows 3.1
1993
PowerPoint 4.0
Windows NT 3.1,
Windows 3.1,
Windows 3.11
1994
PowerPoint 4.0
Mac OS classic
1995
PowerPoint 7 for Windows 95
Windows 95, Windows NT
1997
PowerPoint 97
Windows 95/98, Windows NT 4.0
1998
PowerPoint 98
Mac OS Classic
1999
PowerPoint 2000
Microsoft Windows 98,
Windows NT 4.0,
Windows 2000
2000
PowerPoint 2001
Mac OS X
2001
PowerPoint 2002
Windows 2000/XP
2002
PowerPoint v.X
Mac OS X
2003
PowerPoint 2003
Windows 2000 Service Pack 3,
Windows XP Service Pack 1,
Windows Server 2003
2004
PowerPoint 2004
Mac OS X
2006
PowerPoint 2007
Microsoft Windows Vista,
Windows XP Service Pack 2,
Windows Server 2003,
Windows Server 2

Fungsi Ms Power Point
Memudahkan dalam pengaturan presentasi, sehingga tampilan lebih menarik tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software editing foto ataupun video.
Bisa menambahkan audio ataupun video ke dalam powerpoint, sehingga terkesan lebih hidup dan menarik untuk di lihat
Mempermudah dalam membuat animasi powerpoint yang lebih bagus, dengan berbagai animasi terbaru dari microsoft office
Dapat mengakses presentasi dari lebih banyak lokasi dan perangkat PC
Serta memudahkan dalam mengatur slide dan mencetak lembar kerja.
CARA MEMBUKA MICROSOFT POWER POINT

Pertama; Melalui Start Menu dengan cara klik tombol Start, pilih Program/ All                    Programs, pilih Microsoft Office – Microsoft Office Power Point.
Kedua; Melalui Run dengan cara klik tombol Start – Run. Ketikkan POWERPNT, klik OK.


Ketiga; Melalui Shortcut dengan cara klik 2x shortcut Microsoft PowerPoint di desktop.
Selain melalui program, membuka aplikasi ini bisa dilakukan pula dengan membuka file/ dokumen PowerPoint. Membuka file ini bisa melalui klik 2x atau klik kanan dan pilih Open.




MICROSOFT EXCEL
Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
FUNGSI DAN KEGUNAAN MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.  Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
SEJARAH PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL
1) SEBELUM ADA EXCEL

Program lembar kerja kalkulasi atau electronic spreadsheet merupakan impian dari Dan Bricklin dan Bob Frankston.Mereka mewujudkannya pada sebuah program yang diberi nama VisiCalc pada akhir tahun 70-an ketika personal computer mulai merambah lingkungan perkantoran.Program ini dibuat untuk dioperasikan di bawah computer Aplle II.

Ketika IBM PC muncul pada tahun 1982,saat VisiCalc dipersiapkan untuk dapat beroperasi di sistem baru ini Mich Kapor dan Jonathan Sachs di Cambridge,Massachusetts telah mempersiapkan saingannya melalui Lotus Development Corporations,produk yang mereka beri nama 1-2-3.Program inilah yang kemudian meroket bersama berkembangnya IBM PC hingga beberapa tahun kemudian Lotus 1-2-3 dijadikan standar proram lembar kerja kalkulasi.Pengguna komputer IBM rela merogoh kantongnya senilai $ 459 untuk paket program Lotus 1-2-3 versi 1.( bandingkan Excel 2002 dijual denga harga resmi sekitar $ 105 saja saat lounching )*.Saat itu program-program lain yang mengkhususkan diri di bidang spreadsheet diantaranya adalan MultiPlan yang dibuat oleh Microsoft.Hingga saat itu program-program teresebut masih dalam tampilan teks atau character based ( bukan WYSIWYG seperti sekarang )


2) VERSI-VERSI EXCEL

EXCEL 1

Sebagai pengembangan dari Multiplan,pada tahun 1985 Microsoft Corporation mulai merilis Excel dengan tampilan grafis yang dikenal dengan istilah What You See Is What You Get alias apa yang terlihat di layer monitor akan sesuai engan apa yang dihasilkan jika dicetak.Program ini dibuat untuk beroperasi di bawah computer Macintosh yang sistem operasinya sudah berbasis grafis.

EXCEL 2

Versi perbaikan ini muncul tahun 1987.Sebenarnya program ini dipersiapkan unutk dapat beroperasi di luar computer Macintosh yang sistem operasinya belum berorientasi grafis.Untuk itulah diperlukan sistem operasi baru Microsoft Windows.Dengan demikian bagi pengguna IBM PC, inilah versi pertama munculnya Microsoft Excel for Windows.


EXCEL 3

Pada akhir 1990 dirilis Microsoft Excel 3 for Windows.Versi ini menawarkan banyak perkembangan yang sangat berarti,seperti mulai digunakannya toolbar,kemampuan membuat gambar ( drawing tool ),worksheet outlining,dukungan add-in,grafik 3-D,workgroup editing dan sebagainya.


EXCEL 4

Excel 4 mulai merambah pasaran pada musim semi tahun 1992.Munculnya program ini bertepatan dengan makin populernya sistem operasi windows 3.1 dan menampilkan banyak fasilitas baru.Versi inilah yang disebut sebagai first popular version.


EXCEL 5

Versi ini mulai diedarkan di awal 1994.versi ini membawa segudang pembaruan termasuk mulai dipakainya multisheet workbook ( sebuah workbook yang mampu bersisi lebih dari 1 lembar kerja ).Pada versi ini pula mulai dipergunakan bahasa pemrograman VBA.Di versi ini Excel meninggalkan istilah database dan menggunakan istilah list ( daftar ),dan dilengkapi dengan fasilitas Pivot Table.


EXCEL 95 atau EXCEL 7**

Beredar pada musim panas tahun 1995.Ini adalah versi pertama dari excel 32 bit yang beroperasi di bawah sistem operasi 95.Di sini disertai banyak fasilitas yang memudahkan pemakai,tetapi pada dasarnya tidak banyak bedanya dengan Excel 5.



EXCEL 97 atau EXCEL 8

Versi ini menawarkan tampilan dan kemampuan baru dari VBA developer.Tampilan toolbar dan menu diperbarui,fasilitas online help,jumlah baris dalam lembar jumlahnya bertambah 4 kali lipat.Excel 97 juga mempunyai file format yang berbeda ( tidak dapat dibuka pada versi sebelumnya ).Dilengkapi dengan Conditional Formatting,Data Validation dan AutoComplete serta masih banyak lagi.


EXCEL 2000 atau EXCEL 9

Dirilis bulan Juni 1999 untuk menyambut milenium baru .Fasilitas barunya yang cukup signifikan adalah munculnya file format dalam HTML,kemampuan yang disebut self repair dan kemampuan menyimpan objek hingga 12 buah dalam clipboard,sehingga ada istilah multiple past untuk meletakkan lebih dari satu objek dari clipboard.Format filenya masih kompatibel dengan Excel 97.


EXCEL 2002 atau EXCEL 10

Dirilis 31 Mei 2001,dan menjanjikan banyak kemudahan bagi pemakainya.Tampilan grafis yang baru,file recover yang menjamin tersimpannya keadaan terakhir suatu file ketika terjadi masalah ( hang ).Fasilitas error checking smart tag yang memberi peringatan jika kemungkinan terjadi kesalahan pada suatu sel.Disediakannya Function Argumen Tool Tip yang akan dapat terhubung dengan help sehingga mampu menginformasikan apa maksud argument yang harus diisikan pada suatu fungsi Excel.

Disamping versi-versi utama yang disebutkan diatas,Microsoft masih juga mengeluarkan versi-versi perbaikan pada setiap release Excel yang diras mempunyai kelemahan.Sebagai Contoh,Excel 97 disertai SR1 dan SR2 sebagai versi perbaikan.Pada Versi 2002 juga ada perbaikan terutama pada fasilitas Drawing Tool.

Macro pada ms.excel

Macro adalah sederetan fungsi dan perintah program yang disimpan dalam menu Visual Basic. Microsoft Excel menyediakan fitur untuk merekam aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya melalui macro -> record new macro. Record new macro berguna untuk merekam aktivitas yang dilakukan dan merubahnya menjadi baris-baris program.
Namun macro juga dapat digunakan oleh user untuk membuat perintah atau procedure melalu bahasa VBA atau Visual Basic for Application yang cukup populer, sederhana dan mudah untuk dipelajari. Semakin besar pemahaman anda tentang bahasa VBA maka semakin banyak dan canggih pula prosedur atau perintah-perintah yang dapat anda buat untuk memudahkan perkerjaan anda dengan Microsoft Excel.
Contoh sederhana dari fungsi atau kegunaan macro adalah apabila anda melakukan pekerjaan yang banyak tapi monoton. Dari pada anda membuang-buang waktu dengan mengerjakan pekerjaan yang monoton secara manual, kenapa anda tidak merekamnya saja dengan macro kemudian melakukan sedikit modifikasi. Pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan berjam-jam dapat selesai hanya dengan sekali klik. Contoh lain adalah apabila anda ingin membuat fungsi yang belum tersedia pada fungsi standard yang disediakan oleh excel, maka anda dapat membuat fungsi yang anda inginkan melalui Macro berupa User Defined Function (UDF).
Untuk dapat menggunakan macro, anda harus terlebih dahulu melakukan setting terhadap macro security level pada Microsoft Excel anda. Caranya adalah melalui tools -> macro -> security lalu set security level pada level Medium. Jangan gunakan low apabila anda sering menerima file dalam bentuk excel karena kemungkinan anda mendapat file excel yang mengandung virus macro menjadi sangat tinggi. Dengan level medium anda dapat menentukan apakah anda akan meng-Enable atau Disable macro yang terdapat pada file excel yang akan anda buka. Namun jika macro security level anda di set pada level Low maka anda tidak akan mendapat pemberitahuan bahwa file yang akan anda buka berisi macro atau tidak.
Tutorial VBA dan Macro Dasar dengan Excel 2007


Visual Basic for Application atau VBA adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Microsoft dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan aplikasi Office, termasuk di dalamnya Excel.

Macro sendiri adalah kumpulan command dan prosedur yang disimpan dalam suatu modul pada file Excel dan dapat dipanggil untuk menanggapi suatu kejadian (event) seperti suatu klik pada tombol.

Dengan banyaknya masukan kepada kami untuk membuat artikel tutorial sederhana mengenai VBA dan Macro, maka kami coba jawab dengan artikel tutorial berikut dengan format ringkas, praktis, tapi padat.

Dengan menunjukkan penggunaan dasar sekaligus beberapa kemampuan VBA, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk melangkah ke tahap belajar selanjutnya.
Praktek 1 : Mengaktifkan Tab Developer
Tab Developer berisi menu-menu yang akan kita gunakan untuk bekerja dengan VBA, berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan tab tersebut :
1.   Jalankan aplikasi Microsoft Excel 2007.
2.   Klik menu Office.


3.   Klik tombol Excel Options.


4.   Pada dialog yang muncul, pilih kategori Popular pada bagian panel kiri.
5.   Aktifkan opsi Show Developer tab in the Ribbon.


6.   Klik tombol OK.
7.   Pastikan tab Developer sudah terlihat pada Ribbon.


Praktek 2 : Visual Basic Editor (Editor)
1.   Klik tab Developer pada Ribbon, dari group Code klik Visual Basic (atau tekan Alt+F11).


2.   Akan muncul Visual Basic Editor, yang merupakan editor dimana kita dapat memasukkan dan mencoba kode program kita.


3.   Pada panel kiri atas, klik kanan pada Sheet1 dari project dengan nama VBAProject (Book1), kemudian pilih menu View Code.

Ini akan membuka tampilan editor untuk code kita, yang akan dikelompokkan dalam suatu module. Ketikkan code berikut pada editor tersebut.
Private Sub HelloWorld()
Worksheets("Sheet1").Range("A1").Value = "Hello World"
Worksheets("Sheet1").Range("C3").Value = "Hello World"
End Sub

Penjelasan : Code ini adalah perintah membuat satu procedure dengan nama HelloWorld, yang didefinisikan di dalam Private Sub ... End Sub.
4.   Arahkan cursor Anda pada bagian dalam prosedur tersebut dan tekan tombol F5 untuk menjalankan program kita.
5.   Anda akan diminta untuk menyimpan file, masukkan nama BelajarVBA.xlsm. Perhatikan ekstensi yang disimpan bukan tipe xlsx.
6.   Kembali ke worksheet, dan Anda akan menemukan pada Sheet1 akan berisi kata "Hello World" pada cell A1 dan C3.


Praktek 3 : Menambahkan Visual Control
Control adalah komponen visual / grafis seperti tombol, yang dapat ditempatkan pada worksheet kita sehingga aplikasi kita menjadi lebih interaktif. Berikut adalah contoh penggunaan control :
1.   Masih pada Sheet1, coba arahkan cursor ke alamat E1.
2.   Pada tab Developer, group Controls, klik gambar panah bawah kecil pada menu Insert. Dari pilihan yang muncul klik Spin Button (Form Control), gambar bentuknya pada sheet kita.


3.   Klik kanan pada spinner tersebut, dan pilih Format Control.
4.   Pada dialog yang muncul, klik tab Control dan masukkan nilai-nilai berikut, dan klik tombol OK setelah selesai.
·                                 Current Value : 0.
·                                 Minimum Value : 0.
·                                 Maximum Value : 200.
·                                 Incremental Change : 25.
·                                 Cell link : A2.
5.   Cobalah klik gambar panah pada spinner dan perhatikan perubahan nilai yang terjadi pada cell A2.
Praktek 4 : Menambahkan Macro sebagai Event Handling pada Control
1.   Klik kanan pada spinner control yang telah kita tambahkan, pilih Assign Macro.
2.   Editor VBE akan muncul kembali dengan cursor berada pada prosedur bernamaSpinner[INDEX]_Change(). Tambahkan code berikut pada body prosedur tersebut.
Dim NilaiSpinner As Integer
NilaiSpinner = ThisWorkbook.Sheets(1).Spinners(1).Value
ThisWorkbook.Sheets(1).Spinners(1).Top = NilaiSpinner

3.   Simpan code tersebut dengan menekan CTRL + S.
4.   Kembali ke worksheet dan coba klik spinner kita, akan terlihat spinner kita bergerak ke atas atau ke bawah sesuai irama klik tombol panah atas bawah pada spinner.
Praktek 5 : Menyimpan dan Membuka Kembali Workbook VBA kita
1.   Tutuplah workbook kita, dan coba buka kembali.
2.   Secara default, Excel 2007 akan menonaktifkan perintah VBA / Macro pada workbook yang kita buka. Terlihat pada security warning yang muncul pada bar bagian atas worksheet (gambar).
3.   Klik tombol Options pada bar tersebut.
4.   Pilih opsi Enable this content, klik tombol OK.
5.   Anda sudah dapat menjalankan kembali code VBA Anda.
6.   Selesai.




0 komentar: